ALI CANDRA

Menulislah...biar kebenaran selalu terjaga dan kewarasan selalu terawat....

Selengkapnya
Menang Tanpa Ngasorake

Menang Tanpa Ngasorake

"Menang tanpa ngasorake & Legowo"

Saya masih mengingat dengan rapi, apa yang saya baca dan coba memahami, 20 tahun yg lalu saat saya berusia 20 tahun, isi sebuah buku yang penulisnya saya lupa, judulnya saya ingat "Kepemimpinan Pancasila".

Disana dijelaskan beberapa ungkapan jawa (falsafah jawa) yang dapat kita jadikan pedoman dalam berperilaku dalam hidup ini.

Diantaranya adalah :

Menang Tanpa Ngasorake

Menang Tanpa Ngasorake adalah Menang Tanpa Mengalahkan. Hal ini berarti kemenangan yang kita peroleh dalam sebuah kontestasi adalah kemenangan tanpa merendahkan orang lain, tapi kemenangan yang memberikan mamfaat buat semuanya, baik bagi pihak yang sefaham dan yang berbeda faham.

Legowo

Ungkapan ini, berarti sikap bisa menerima. Menerima apa yang terjadi sebagai ketetapan tuhan.

"legowo" tentu saja pelaksanaanya tak semudah mengucapkannya. Tapi kalau bisa, segala apa yang terjadi tidak akan mendatangkan kesusahan.

Pada saat saat seperti ini, ungkapan tersebut sangat berguna untuk kita terapkan, seiring semakin "memanasnya" situasi politik bangsa.

Ada yang perlu untuk kita pahami bersama bahwa dalam demokrasi, kalah menang adalah hal yang biasa.

Tapi, yang "menang" tidak perlu terlalu membanggakan diri, sementara yang "kalah" tidak harus kecewa secara berlebihan.

Jika para "tokoh" menangkap gambaran ini dengan baik, maka "kemenangan" itu bukan bertujuan untuk berkuasa, tapi ada tuntutan untuk menyejahterakan seluruh rakyat Indonesia yang jumlahnya begitu banyak dengan luas wilayah negara yang luar biasa, terbentang indah dari Sabang sampai Merauke.

INDONESIA RAYA

SOLOK, 18 APRIL 2019

SATU HARI SETELAH MENCOBLOS

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Keren pak Ali. Tulisan yg sangat mengena bagi yg merasa. Salam dari Danau Ateh...

18 Apr
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali